Senin, 23 Juli 2018

Pelaksanaan Imunisasi Difteri Serempak

 
Akhir 2017 dan awal 2018 menjadi  tahun dengan  kasus difteri yang begitu besar di Indonesia. Hal itu bisa kita lihat ataupun kita dengar dari media massa yang berbondong-bondong menayangkan terjangkitnya penyakit difteri menyerang anak-anak di beberapa kota hingga menyebabkan kematian. Sungguh miris dan mengerikan. Namun dengan langkah sigap, pemerintah menggagas solusi yang ditindakkan dengan cara Serentak di berbagai daerah. Yaitu, dilakukannya Imunisasi Difteri untuk balita sampai remaja berusia 19 tahun sebagai pencegah awal penyakit pembawa maut tersebut.

Nah, penggalakan imunisasi difteri serempak dilaksanakan di semua sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tulungagung. Tidak terkecuali semua  Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Besuki pun menjadi sasaran pemberian imunisasi difteri  untuk siswa-siswinya. Salah satunya adalah Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulturus. Sekolah Dasar yang sudah berdiri begitu lama tersebut tidak pernah lepas dari setiap kegiatan pemberian imunisasi kepada anak. Karena pemberian imunisasi merupakan penunjang kesehatan anak yang dianggap penting sebagai faktor keberhasilan pendidikan dan kehidupan anak kedepan.

Pelaksanaan suntikan difteri serempak ini tidak lepas dari pelibatan orangtua para siswa dengan sekolah. Mayoritas sekolah, mengundang orangtua untuk datang ke sekolah menemani anaknya selama pelaksanaan suntikan. Tentunya hal seperti ini sangat membantu mensukseskan pelaksanaan imunisasi difteri serempak. Termasuk SD Negeri 1 Tanggulturus mengundang para orangtua siswa dengan memberikan pesan kepada anak-anak agar disampaikan kepada orang tua mereka, bahwa akan diadakan suntikan difteri dan sekolah meminta untuk menemani anak selama imunisasi difteri.

Kenapa perlu melibatkan orangtua juga? Selain kaitannya dengan bidang pendidikan, pelibatan orangtua semacam ini sangat penting untuk diterapkan, apalagi menyangkut kesehatan anak. Mengingat waktu terbanyak anak di habiskan dilingkungan keluarga. Dengan adanya pemberitahuan orangtua supaya datang ketika imunisasi difteri, hal ini dimaksudkan supaya orangtua bisa memberikan ketenangan selama pelaksanaan suntikan dan juga para orangtua tahu penanganan apa yang harus dilakukan pasca melakukan suntikan. Misalnya pemberian obat paracetamol, makan-makanan bergizi atau perlu dikompres air es juga.

Pentingnya pelibatan orang tua dengan sekolah tidak hanya dalam hal kesehatan saja. Pastinya masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan bersama-sama antara pihak sekolah dan orangtua demi terwujudnya tujuan pendidikan. Sukseskan Imunisasi Difteri untuk anak bangsa sehat dan cerdas.!

Load disqus comments

0 komentar